Tentang WBS

Tentang WBS

  • Whistleblowing System BPS (WBS-BPS) adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pusat Statistik untuk menerima dan mengelola laporan pelanggaran (pengaduan) terutama yang berindikasi adanya kecurangan dalam pengelolaan keuangan Negara. Bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan BPS, dapat menyampaikan pada sistem ini untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Materi pengaduan yang ditindaklanjuti pada sistem ini adalah laporan terkait pelanggaran berupa:
    • Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme
    • Penyalahgunaan Wewenang
    • Disipilin Pegawai
    • Standar Pelayanan
    • Hambatan Pelayanan
  • BPS menghargai informasi yang Anda laporkan dan fokus kami adalah kepada materi informasi yang anda sampaikan. Anda tidak perlu khawatir terungkapnya identitas diri anda karena kami akan MERAHASIAKAN IDENTITAS DIRI ANDA sebagai whistleblower.

Aduan yang ditindaklanjuti

Pengaduan Anda akan mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur sebagai berikut:

What
Perbuatan berindikasi pelanggaran yang diketahui
Where
Dimana perbuatan tersebut dilakukan
When
Kapan perbuatan tersebut dilakukan
Who
Siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut
How
Bagaimana perbuatan tersebut dilakukan (modus, cara, dsb.)

Setelah memenuhi unsur tersebut diatas, laporan yang anda sampaikan sebaiknya dilampiri dengan bukti atas kegiatan pelanggaran tersebut. Bukti dapat berupa file, gambar, foto, atau video baik yang berkaitan langsung dengan pelanggaran maupun bukti yang menguatkan bahwa telah terjadi pelanggaran.

Verifikasi dilakukan oleh sekretariat terhadap materi aduan

  • Pastikan laporan yang anda sampaikan telah sesuai dengan materi aduan yang telah kami tentukan. Bagi anda yang ingin menyampaikan pertanyaan dan saran yang bukan merupakan wewenang kami, anda mungkin dapat menghubungi kontak dibawah ini:
    • Pertanyaan terkait data Statistik melaui website https://silastik.bps.go.id/
    • Pertanyaan terkait sensus penduduk 2020 melalui alamat email: sp2020@bps.go.id
    • Permintaan informasi terkait kegiatan BPS secara umum dapat disampaikan melalui email bpshq@bps.go.id atau humas@bps.go.id
    • Pengaduan bagi Instansi Pemerintah bukan BPS anda dapat menyampaikan laporan pengaduan melalui website https://www.lapor.go.id/

Proses Tindak Lanjut – Beri Tanggapan - Selesai

Laporan yang telah diverifikasi akan ditindaklanjuti oleh sekretariat sesuai dengan bidang masing-masing. Pada proses tindak lanjut, sekretariat mungkin akan menghubungi anda untuk meminta tambahan informasi, bukti, atau keterangan yang diperlukan dalam proses pemeriksaan sampai dengan laporan dinyatakan selesai ditindaklanjuti.